Kegiatan APJATIN
Laju perubahan atmosfir dunia usaha yang mengarah kepada ekonomi jasa membawa kunci ‘kualitas pelayanan’ menjadi fenomena kompleks dan enigmatik. Konsep kualitas pelayanan bergeser mengikuti perubahan dan perkembangan zaman. Salah satu kunci sukses dari suatu perusahaan jasa adalah mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan.
Kondisi lingkungan usaha membawa perusahaan kepada suatu keyakinan bahwa kualitas pelayanan menjadi suatu keharusan agar perusahaan tetap sukses, baik di tingkat operasional, manajerial maupun strategik. Perusahaan dituntut untuk memberikan pelayanan atau pelayanan prima yang berkualitas. Barometer kualitas pelayanan perlu ditetapkan agar pelayanan yang diberikan dapat mencapai tujuan.
Untuk mempertahankan dan meningkatkan pelayanan di sekitor jasa, kegiatan-kegiatan APJATIN antara lain untuk memenuhi Tujuan didirkannya yaitu
APJATIN dibentuk sebagai wadah utama komunikasi bagi perusahaan-perusahaan jasa angkutan uang tunai untuk bersama-sama membicarakan dan memecahkan masalah-masalah yang dihadapi, memperjuangkan kepentingan-kepentingan anggotanya kepada pemangku kepentingan terkait di satu pihak dan meneruskan keinginan serta pemangku kepentingan terkait kepada anggota-anggotanya di lain pihak dan ikut berperan serta mengembangkan dan memajukan perekonomian Indonesia.
Selain itu, APJATIN juga mengupayakan untuk menciptakan persatuan dan mengembangkan potensi diantara anggota dengan menjunjung tinggi kode etik asosiasi, memberikan pendapat dan saran demi kemajuan industri Cash in Transit dan Cash Managemen, dan meningkatkan citra dan eksistensi BUJP Kawal Angkut Uang Tunai sebagai mitra strategis dalam peredaran dan pendistribusian uang tunai
Oleh karena itu, selain kegiatan secara internal organisasi, takalah pentingnya, mengingat jenis usaha anggota APJATIN bergerak dalam sektor jasa, menjaga hubungan baik dan komitmen yang sudah disepakati dengan stakeholders, merupakan salah satu kunci sukses dan tidak bisa dipandang sebelah mata.
Dengan merawat hubungan baik itulah, maka trust (kepercayaan) pelanggan maupun stake holder lainnya terhadap perusahaan akan terjaga. Sekali lagi, ini penting, karena keberlangsungan sebuah usaha pada dasarnya ditopang dengan kepercayaan pelanggan maupun menjaga hubungan baik dengan stakeholder lainya, yang di dalamnya termasuk pemerintah dan mitra kerja penting lainnya.
Kunci Sukses:
Menurut Berry, Leonard L. (1999), Discovering The Soul of Service : The Nine Drivers of Sustainable Business Success. The Free Press, New York, Terdapat 9 kunci keberhasilan perusahaan yang bergerak dalam bidang Jasa
- Kepemimpinan yang mengutamakan nilai – nilai
- Fokus pada strategi
- Penerapan rencana yang selalu istimewa
- Pengendalian diri yang tinggi
- Hubungan berdasarkan kepercayaan
- Investasi di bidang sumber daya manusia
- Bertindak sebagai layaknya perusahaan kecil
- Pengembangan merek/Branding
- Kedermawaan